Malaysian INC

Jumat, 31 Mei 2013

6 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Mendownload Software Gratis





Software gratis merupakan salah satu hal yang paling dicari di internet. Namun sayangnya tidak semua software gratis itu aman. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menjadikan software gratis sebagai “senjata” untuk menginfeksi komputer demi keuntungan pribadi mereka.

Untuk itu sebelum mendownload software gratis, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa software tersebut aman dan terpercaya. Menentukan apakah sebuah file yang didownload itu aman atau tidak merupakan sebuah skill dasar yang perlu dikuasai oleh pengguna komputer, terutama pengguna Windows.

Bagi pengguna komputer yang sudah “terlatih”, biasanya mereka sudah memiliki “insting” tentang aman atau tidaknya suatu software. Tetapi bagi pengguna komputer pemula, menentukan aman atau tidaknya suatu software tidaklah mudah. Untuk itu melalui artikel ini PG akan menjelaskan 6 hal yang sebaiknya dilakukan sebelum mendownload software gratis di internet.
1. Pastikan Developernya Terpercaya



Jika kamu mengetahui developer atau perusahaan pembuat software tersebut terpercaya, maka kamu tidak perlu khawatir. Misalnya saja software gratis buatan Microsoft, Google, atau bahkan developer kecil lain yang sudah terpercaya, kamu bisa langsung mendownload dan menggunakan software buatan mereka.

Jika software yang akan kamu download dibuat oleh developer yang belum pernah kamu dengar sebelumnya, maka kamu perlu memastikan apakah developer tersebut terpercaya atau tidak. Coba cek website official mereka, atau googling untuk mencari review tentang developer tersebut.

Pastikan juga kamu mendownload software dari situs resmi mereka, bukan dari situs palsu yang banyak bertebaran di internet. Biasanya ketika kamu mengetikkan nama software tersebut di Google, maka situs aslinya akan muncul di urutan teratas.


2. Pastikan Download dari Situs yang Terpercaya



Saat mendownload, pastikan kamu mendownload dari situs officialnya. Biasanya ketika kamu mengetikkan nama software tersebut di Google, maka situs officialnya akan muncul di urutan teratas.

Untuk software yang disimpan di selain situs official, pastikan kamu mendownload dari situs yang terpercaya. Misalnya saja untuk software Windows kamu bisa mendownload dari CNET Download atau Filehippo, sedangkan untuk software open source kamu bisa mendownload dari Sourceforge.


3. Pastikan kamu mencari review software tersebut

Beberapa situs download biasanya akan menyertakan review dari software tersebut. Tetapi tidak ada salahnya untuk googling mencari review tambahan. Coba ketikkan “nama software review” di Google, kemudian cari referensi dari beberapa pengguna software tersebut. Biasanya kamu akan menemukan kelebihan dan kekurangan software tersebut dari pengguna yang sudah mencobanya.


4. Scan dengan Antivirus



Sebelum menginstall software yang sudah kamu download, pastikan kamu scan terlebih dahulu dengan antivirus. Kamu bisa menggunakan VirusTotal atau antivirus yang terinstall di komputer kamu. Jika kamu pengguna Windows, kamu bisa menggunakan Windows Defender yang sudah built-in di OS Windows.


5. Perhatikan Proses Instalasi



Software gratis biasanya dilengkapi dengan toolbar atau aplikasi lain yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Perhatikan proses instalasi dengan seksama, dan hilangkan centang instalasi toolbar atau crapware yang disertakan di installer tersebut.


6. Install secara Terisolasi (Opsional)



Jika kamu tidak yakin dengan keamanan software yang kamu download, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu diVirtual Machine atau di Sandbox menggunakanhttp://www.sandboxie.com/  Software yang diinstall secara terisolasi tidak akan mempengaruhi sistem utama. Jadi jika software tersebut membuat sebuah perubahan yang merusak, sistem komputer kamu tidak akan terpengaruh.

Itulah 6 hal yang sebaiknya kamu lakukan sebelum mendownload dan menginstall software gratis. Mungkin 6 hal tersebut terlihat ribet pada awalnya, tetapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan “insting” kamu untuk membedakan software mana yang aman dan mana yang tidak akan semakin terasah. Semoga bermanfaat:
Apa itu Virtual Machine?



Virtual Machine adalah software yang membantu kamu untuk menciptakan komputer virtual dengan OS virtual dan hardware virtual. Jadi Virtual Machine lebih mirip seperti akun guest yang kamu miliki di komputer yang kamu gunakan. Namun dengan Virtual Machine kamu tidak perlu berpindah-pindah akun, kamu hanya membutuhkan software tambahan seperti VirtualBox atau VMware Player. Jika kamu menggunakan software utama Windows, dan kamu install dengan salah satu software Virtual Machine dengna OS Windows juga. Maka kamu akan dapat menjalankan Windows di dalam Windows.

File yang kamu miliki di komputer utama tetap dalam keadaan aman, sedangkan di Virtual Machine juga tetap aman. Karena Virtual Machine menciptakan hardware virtual, maka kamu juga tak perlu bingung. Tidak akan ada file yang terkontaminasi antara komputer asli dengan komputer virtual. Semua masing-masing memiliki tempatnya. Sehingga komputer virtual yang kamu ciptakan akan benar-benar seperti komputer asli. Ada RAM, HDD, koneksi internet, USB, dan masih banyak lagi.Untuk bisa menginstall banyak sistem operasi pada Virtual Machine, kamu memerlukan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Jauh lebih tinggi dari penggunakan memori sistem operasi yang kamu gunakan. Selain itu kamu juga memerlukan hardisk yang besar untuk dapat menginstall berbagai sistem operasi.




Untuk Apa Sih Virtual Machine itu?

Ada beberapa kegunaan dari Virtual Machine menurut PG, yaitu:

Untuk mecoba sistem operasi yang baru – Kamu dapat mencoba sistem operasi yang baru saja muncul seperti Windows 8 dengan menggunakan Virtual Machine tanpa uninstall sistem operasi yang sedang kamu gunakan. Ini mirip seperti dengan dual boot namun lebih fleksibel. Jika kamu bosan dengan sistem operasi yang ada di Virtual Machine, tinggal hapus saja.

Untuk mengetes software – Kamu tidak inginkan komputer utama yang kamu gunakan dijadikan kelinci bahan percobaan untuk software-software yang tidak kamu ketahui? Dengan menggunakan software Virtual Machine, kamu tak perlu memusingkannya. Tinggal install saja sistem operasi yang kamu butuhkan kemudian install dengan software yang kamu tidak ketahui tadi, kalau aman. Kamu bisa menginstallnya lagi di komputer utama
Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Untuk mengetes software yang beda sistem operasi – Kamu ingin mereview atau mencoba software dari Linux atau Mac OS X? Tetapi tidak memiliki komputer yang terinstall dengan OS tersebut? Kamu bisa melakukannya di Virtual Machine. Jika Virtual Machine kamu install dengan Linux atau Mac OX, maka kamu bisa mencoba softwarenya.

Untuk menggubakan software yang kusus untuk sistem operasi lama – Kalau kamu sudah terlanjur menggunakan Windows 7 yang sudah terisi data-data dan software-software penting. Sedangkan kamu membutuhkan software yang hanya bisa terinstall di Windows XP, maka kamu bisa menggunakan software untuk solusinya Virtual Machine.
Pilih software Virtual Machine yang Mana?
Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?


PG sebelumnya sudah pernah membahas software Virtual Machine di artikel sebelum-belumnya. Ada 2 software yang bisa kamu pilih, diantaranya VirtualBox dan VMware Player. Tentu saja kedua software itu bisa kamu dapatkan secara gratis, untuk software level gratis. Mereka berdua cukup bisa diandalkan untuk bisa menciptakan komputer virtual. Kamu dapat menginstall berbagai OS, seperti Linux, Mac OX, Windows, Solaris dan masih banyak lagi.

Bagaimana Menggunakan Virtual Machine?
Yang diperlukan untuk menginstall sistem operasi di Virtual Machine, DVD, CD atau file ISO dari sistem operasi yang ingin kamu install. Kemudian Spesifikasi komputer yang lumayan tinggi, yang cukup untuk menjalankan 2 OS secara bersamaan. Berikut tutorial cara menginstall Windows 8 RTM dengan menggunakan VirtualBox, PG juga sebelumnya menunjukkan cara menginstall Ubuntu di VirtualBox.
Pertama-tama buka VirtualBox dan klik New, kemudian akan muncul Window yang meyakinkan kamu untuk menginstall Virtual Machine.
Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Kemudian beri nama VM dan pilih OS yang akan kamu install, disini PG mencontohkan menginstall Windows 8 RTM.
Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?
Tentukan memori RAM yang kamu inginkan untuk komputer virtual yang kamu buat. Usahakan di daerah hijau dan juga tidak menggangu penggunaan memori utama. RAM yang digunakan oleh komputer virtual akan terbagi jika diaktifkan, namun bila kamu tidak menggunakan komputer virtual. RAM akan tetap digunakan sepenuhnya oleh komputer utama.
Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Selanjutnya tentukan memori hardisk untuk komputer virtual kamu.
Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?



Ketika ada First Run Wizard muncul, klik Next.

Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Jika kamu menggunakan CD atau DVD pilih drive yang kamu miliki, namun jika kamu mempunyai file ISO pilih file tersebut.
Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Terakhir klik Start, trataa…kamu sudah pada proses instalasi Windows 8. Lakukan instalasi seperti kamu menginstall Windows pada umunya.
Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?

Apa yang Dimaksud dengan Virtual Machine?


Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows


Setelah kemarin PG menulis tentang cara menginstall Ubuntu 12.10 di Ubuntu 12.04 LTS, kini saatnya PG memberikan cara menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows. Dengan cara ini, kamu bisa mencicipi Ubuntu 12.10 di sistem operasi Windows dengan mudah. Menggunakan Ubuntu di VirtualBox cocok bagi kamu yang sekedar penasaran dan ingin mencoba sistem operasi ini.
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows


Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja PG berikan step by step menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows.

1. Pastikan di Windows kamu sudah terinstall VirtualBox versi terbaru. Jika belum, silahkan download gratis dari link berikut dibawah ini:

https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads
1. Pastikan di Windows kamu sudah terinstall VirtualBox versi terbaru. Jika belum, silahkan download gratis dari link berikut ini:
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows


3. Atur besarnya RAM yang kamu alokasikan untuk Ubuntu. Usahakan tidak lebih dari setengah jumlah RAM di komputermu.

4. Buat virtual hardisk sesuai dengan alokasi yang kamu inginkan.
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows

Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows


Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows

Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows


Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows



6. Kamu bisa menggunakan DVD Ubuntu 12.10 atau cukup memakai file ISO nya saja. Disini PG memakai file ISo Ubuntu 12.10.
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows


Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows

Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows

Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows


Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows


8. Jika ada perintah “Please remove instalation media..” Tekan enter jika kamu menggunakan file ISO. Jika menggunakan DVD, keluarkan dulu DVD-nya baru tekan Enter.
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows



9. Install VirtualBox Guest Additions dengan cara klik Devices > Install Guest Additions
Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows

Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows

Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows

Cara Menginstall Ubuntu 12.10 di VirtualBox Windows

Semoga adanya tips yg diatas semoga sanat berguna.

0 komentar: